Jurnal Psikologi
Vol 5, No 2 (2012)

PENERAPAN ANALISIS KELAS LATEN UNTUK MENGEKSPLORASI TIPOLOGI KEPRIBADIAN

Wahyu Widhiarso (Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2013

Abstract

Eksplorasi tipologi individu berdasarkan respons mereka pada alat ukur kini memungkinkandilakukan sejalan dengan munculnya teknik-teknik mutakhir di bidang psikometri. Salah satunyaadalah analisis kelas laten. Penelitian ini menerapkan teknik tersebut untuk mengeksplorasiadanya tipologi unik individu pada konstruk kepribadian lima faktor. Respons individu (N=397)pada skala kepribadian hasil adaptasi dari BFI-44 dapat dimodelkan menjadi 2 dan 3 kelas.Faktor emosi stabil menghasilkan 2 kelas sedangkan faktor ekstraversi, keramahan, ketelitian danketerbukaan menghasilkan 3 kelas. Perbandingan profil antar kelas pada tiap faktor kepribadianmenunjukkan adanya tipe-tipe unik individu. Tipe tersebut antara lain tipe aktif bicara pada faktorekstraversi, tipe keramahan dingin pada keramahan, tipe ketelitian tidak terorganisasi pada faktorketelitian dan tipe imajinatif pada faktor keterbukaan. Adanya tipe-tipe unik ini menunjukkanbahwa antar indikator pengukuran kepribadian lima faktor pada responden dengan tipe unik tidakmemiliki ekuivalensi ukur. Tidak ekuivalennya antar indikator terlihat dari hanya indikatortertentu saja yang melekat pada individu. Hal ini berbeda dengan konstruk psikologi yang idealyaitu semua indikator melekat pada individu secara berjenjang. Dari besar, sedang hingga kecil.Tiap tipe unik individu ini didiskusikan lebih lanjut di pembahasan.Kata Kunci: Analisis kelas laten, Tipologi individu, Kepribadian lima faktor

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

psiko

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi (JPUG) accepts manuscripts based on empirical research, both quantitative and qualitative. Priority is given to quantitative research of the multivariate type. Meanwhile, the Jurnal Psikologi also accepts meta-analysis or systematic review manuscripts that have advantages in terms ...