Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi
Vol 8, No 2 (2009)

EKIVALENSI KEBISINGAN KENDARAAN PADA LALU LINTAS DI KOTA DENPASAR, BALI

Winaya, Putu Preantjaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2012

Abstract

Pertumbuhan Arus lalu lintas kendaraan bermotor di jalan Kota Denpasar semakinmeningkat, menimbulkan kebisingan yang meningkat. Di Negara Amerika dan Eropatelah dikembangkan model untuk analisis kebisingan lalu lintas. Namun karakteristik lalulintas antara negara-negara barat (Amerika dan Eropa) dan Negara-negara Asiamempunyai model yang berbeda akibat komposisi lalu lintas yang berbeda dimana diNegara-negara Asia khususnya Indonesia, lalu-lintas kendaraan bermotor didominasioleh sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model matematis yangmenyatakan hubungan antara kebisingan dengan volume kendaraan. Dari modelmatematis tersebut ditentukan nilai ekivalensi kebisingan antar jenis kendaraan. Nilaiekivalensi kebisingan kendaraan dipakai untuk membandingkan kebisingan antar jeniskendaraan. Analisis menggunakan Metode Regresi Linier Berganda pada program SPSS13.0 for Windows. Data yang dihasilkan dari proses analisis meliputi: Nilai Korelasi(hubungan) antara peubah bebas dengan peubah tidak bebas, Tingkat Keberartian(signifikansi) dari masing-masing koefisien regresi, Model Tingkat Kebisingan, UjiKenormalan Data dan Koefisien Determinasi. Model kebisingan lalu lintas pada jalankolektor dan jalan lokal, dapat digunakan untuk memprediksi kebisingan kendaraan padaruas jalan kolektor dan jalan lokal dengan komposisi kendaraan dengan kondisilalulintas yang sama dengan Jalan kolektor atau jalan lokal di Kota Denpasar, dengankecepatan rata-rata kendaraan 40 Km/jam untuk jalan kolektor dan 20 km/jam untukjalan lokal. Nilai ekivalensi pada jalan kolektor atau jalan lokal dapat digunakan untukmembandingkan kebisingan antar jenis kendaraan pada jalan kolektor atau jalan lokal.AbstractThe current growth in motor vehicle traffic on the road increased Denpasar City, causingincreased noise. In the United States and Europe have developed a model for the analysisof traffic noise. However, traffic characteristics between the western countries (Americaand Europe) and Asian countries have different models due to the composition of thedifferent traffic in which the Asian countries particularly Indonesia, the traffic isdominated by motorcycles. This study aims to analyze the mathematical model that statesthe relationship between the noise with the volume of vehicles. From the mathematicalmodel is determined the value of equivalence between the type of vehicle noise.Equivalence value of the noise of vehicles used to compare between the type of vehiclenoise. Analysis using Multiple Linear Regression Method in SPSS 13.0 for Windows.Data derived from the analysis process include: Value correlation (relationship) betweenthe independent variable with the dependent variable, Significance level of eachregression coefficient, Model Noise Level, Test Data normality and CoefficientDetermination. Model of traffic noise on collector roads and local streets, can be used topredict the noise of vehicles on the collector roads and local streets with the compositionof the vehicle with the same traffic conditions with a collector roads or local street inDenpasar City, with an average speed of vehicles 40 km/hour for the collector road and20 Km/hour for local streets.Keywords: noise, motor vehicles, motor vehicle noise equivalence

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

dekons

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Transportation

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian tentang sipil, konstruksi, dan arsitektur, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas ...