Jurnal RAP
Vol 10, No 1 (2019)

Budaya Organisasi pada Perusahaan Distribusi dengan Model Bisnis Konvensional

Lita Oktaviani (Universitas Padjajaran)
Anissa Lestari Kadiyono (Universitas Padjajaran)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran budaya organisasi di PT. X yang merupakan perusahaan distribusi dan perdagangan spare part kendaraan bermotor dengan konsep bisnis konvensional. Perusahaan dituntut untuk dapat terus bersaing dan mencapai tujuan perusahaan di tengah maraknya bisnis berbasis e-commerce. Tingginya tingkat turnover karyawan membuat perusahaan harus memiliki budaya yang kuat. Budaya organisasi berperan sebagai landasan utama dalam kehidupan suatu organisasi. Pada penelitian ini, budaya perusahaan akan dinilai berdasarkan tujuh dimensi budaya organisasi Robbins (2012), yaitu innovation and risk taking, attention to detail, outcome orientation, people orientation, team orientation, aggressiveness, dan stability. Penentuan sampel menggunakan teknik acak sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 30 respondenMetode analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif yang tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis Berdasarkan hasil skoring, PT. X memiliki budaya perusahaan yang kuat. Dimensi yang berpengaruh paling kuat adalah team orientation dan outcome orientation (mean 3,7), sedangkan dimensi dengan skor terendah adalah aggresiveness (mean 3,1).

Copyrights © 2019