Jurnal Manajemen Update
Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen

PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEGUNAAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA TOKO ONLINE (Studi Pada Toko Online LAZADA.co.id )

Syahab, Muhammad Basyir (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, keamanan, persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan terhadap minat beli konsumen pada toko online di Lazada.co.id, penelitian ini dilakukan di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah berbelanja atau mengetahui situs belanja online Lazada.co.id, dengan jumlah sampel sebanyak 130 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh variabel yang terdiri dari kepercayaan, keamanan, persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli. Keempat variabel tersebut dalam menjelaskan pengaruh terhadap minat beli adalah sebesar 71,5% sedangkan sisanya sebesar 28,5% dijelaskan faktor lain diluar model penelitian.Kata Kunci: kepercayaan, keamanan, persepsi kemudahan, persepsi kegunaan dan minat beliDAFTAR PUSTAKA Alwafi, Fachri. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan terhadap toko dan Pengalaman Berbelanja terhadap minat beli secara online pada situs jual beli tokopedia.com. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta:Universitas DiponegoroBastian, Riko Pratama Putra. Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Sikap Konsumen dan Minat Bertransaksi Secara Online di Tokopedia. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta:Universitas MuhamadiyahDoney, P. M. & Cannon J. P. (1997). An Examination of the Nature of Trust in Buyer-Seller Relationships. Journal of Marketing, 35-51.Durianto (2003), Invasi pasar dengan iklan yang efektif.Jakarta:PT Gramedia PustakaFerdinand,Augusty. (2011). Metode Penelitian Manajemen. Edisi Kelima. Semarang. IndoprintFerriyal Rosita (2014) dengan judul Pengaruh Kepercayaan (Trust) dan E-Security Seals Terhadap Minat Pembelian Konsumen Secara Online: Studi Pada Konsumen Kaspay.com Di Indonesia.Fitra Mulyana, Yusuf. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko,  Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Toko Online ( studi pada toko online ) OLX.co.id. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Yogyakarta: Universitas Negeri YogyakartaFika Budi Aji Saputri,Ainun. 2015. Pengaruh keamanan, kemudahan dan resiko terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia.com. Jurusan manajemen. Fakultas Ekonomi.Yogyakarta: Universitas Negeri YogyakartaFirdayanti, R. 2012. Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce Dengan Kepercayaan Konsumen Dalam Membeli Produk Fashion Online. Jurnal of Social and Industrial Psychology.Fajar Arie Haryosasongko (2015) dengan judul Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Pembelian Online Pada Website Lazada.co.id di Kota MalangGhozali, Imam 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Volume VII, Semarang: Univesitas DiponegoroHanafizadeh, Payem et al (2013). “Mobile Banking Adoption by Iranian Clients” Telematics and Informatics 31. Pp 62-78Jogiyanto. (2007). Sistem Teknologi Keperilakuan. Yogyakarta : Andi.Koufaris, M.,Hampton-Sosa, W,.(2004),The development of initial trust in an online company by new customers, Information and Management, January, (41:3),pp. 377-397.Liao, Z., dan Cheung, M.T. (2001). An Analytical Framework for Evaluating E Commerce Business Models and Strategies. Internet Research: Electronic Networking Applications and Policy. Vol. 11, No.4.Moorman, Christin, Gerald Zaltman and Rohit Deshpande. (1993). Factors Affecting Trust in Market Research Relationship, Journal Marketing Research, Vol 57 (January), 81- 101Oglethorpe, J.E and Monroe, B.K. (2008). Determinant of Perceived Health and Safety Risk of Selected Hazardous Product and Activities. Journal of Consumer Research. No. 28 pp. 326-346.Park, Chung-Hoon., and Young-Gul Kim., 2006, “The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumers Online Site Commitmennts”, Journal of Electronic Commerce in Organizations, 4 (1), hal. 70-90.Pavlou, P. A. (2010), “Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model.” International Journal of Electronic Commerce, Vol. 7 (3).Peppers, Don and Rogers, Martha (2004). Managing Customer Relationships. A Strategy Frame work,second edition, New Jersey, 2004.Rafidah, Inas. (2017). Analisis Keamanan, Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian secara online di Lazada. Penelitian dilakukan dengan tujuan  untuk mengetahui pengaruh keamanan, kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online di Lazada.co.id. Surabaya: Fakultas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE).Resti Hidayah, Rachmahita. 2018. Analisi Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Marketplace. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Surakarta:Universitas Muhammadiyah Surakarta.Safina Novitasari (2014) dengan judul Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Resiko, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Niat Penggunaan Sistem E-commerce.Schiffman, L G dan Kanuk, LL. 2006. Consumen Behavior. Seven Edition. New Jersey: Prentice Hall International.Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kuantatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kuantatif dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.Syaifudin, Muahmmad. (2014). “Analisis Pengaruh Privasi Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Secara Online Di OLX.co.id”. Jurnal Ilmiah FEB. Oktober 2013, Vol 2, No. 2.Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka CiptaUmi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi . Bandung:Agung Media Website :https://www.merdeka.com/kasus-order-fiktif-lazada-sebesar-22juta-ini-kronologisnya.httmhttps://tekno.kompas.com/https://www.antaranews.com/berita/531406/intip-sistem-keamanan-lazada

Copyrights © 2019