Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 1 (2017): Januari 2017

PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SMA SANTUN UNTAN PONTIANAK

Wahyuningsih, Sri (Unknown)
., Rustiyarso (Unknown)
Alhidayah, Riama (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan penerapan keterampilan bertanya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMA Santun Untan Pontianak. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan keterampilan bertanya guru, aktivitas siswa, dan upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMA Santun Untan Pontianak. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya guru merupakan aktivitas yang paling sering dan paling penting dalam melakukan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwa pelaksanakan pembelajaran sosiologi dapat dikatakan meningkat, siswa cenderung cukup aktif bertanya kepada guru dan cara guru menggunakan teknik keterampilan bertanya sudah baik. Karena dalam setiap tahap pembelajaran guru dituntut untuk mengajukan pertanyaan, dan kualitas pertanyaan yang diajukan guru akan menentukan kualitas jawaban siswa.   Kata Kunci : Keterampilan bertanya guru, aktivitas belajar siswa.   Abstract : This research is described about applicant skill how to ask teacher to improve the student activity in sociology subject at Santun Untan Pontianak senior high school. This research had aims to analyze applicant skill how to ask teacher, student activity & the teacher effort to improve the student activity at Santun Untan Pontianak senior high school. The method is kualitatif describe with collecting data technique that is observation, interview and documentation. The research result is the skill how to ask teacher was the activity that almost & most important when did the study method. According to observation & interview result that the implementation of learning sociology is improve, students tend to be quite active to ask the teacher and how teachers use the questioning skills techniques already good. Because in every stage of learning teachers are required to ask questions, and the quality of the questions asked by the teachers will determine the quality of the students' answers. Keywords: Teachers questioning skills, student activity.  

Copyrights © 2017