Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 12 (2015): Desember 2015

PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DI SEKOLAH DASAR

Rukiah, Mis (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)
., Abdussamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2015

Abstract

Abstrak:Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : ?Apakah dengan menggunakan metode Kerja Kelompok dalam pembelajaran IPA pada materi Struktur Daun dapat meningkatkan hasil belajar  siswa kelas IV SDN 16 Benua Kayong Ketapang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Benua Kayong Ketapang.           Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalaha metode deskriftif. Subyeknya guru dan 20 orang siswa kelas IV SDN 16 Benua Kayong. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung dengan alat pedoman observasi dan teknik pengukuran dengan alat tes dan penilaian unjuk kerja serta proses. Selanjutnya dari data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan teknik analisis data.    Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok pada siklus I nilai rata-rata kelas 63,5 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 74,5, artinya ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode kerja kelompok dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci : Metode Kerja Kelompok , Pembelajaran IPA Abstract:Formulation of the problem in this research is: "Is using Group work in science learning in the material structure of leaves can improve learning outcomes of fourth grade students of SDN 16 Continent Kayong Ketapang ?. The purpose of this research is to improve the learning outcomes of fourth grade students of State Elementary School 16 Continent Kayong Ketapang. The method used in this study adalaha descriptive method. The subject teachers and 20 students of class IV SDN 16 Continent Kayong. Data collection techniques used in this research is the technique of direct observation by means of observation and measurement techniques with tests and assessment tools and process performance. Furthermore, from the data collected was processed and analyzed with data analysis techniques. Student learning outcomes by using group work in the first cycle class average value of 63.5 and then on the second cycle increased to 74.5, which means that there is an increase in learning outcomes by using group work in science learning. Keywords: Working Methods Group, Learning science

Copyrights © 2015