Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 5 (2016): Mei 2016

KORELASI MEDIA PETA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V

Marina, . (Unknown)
., Suryani (Unknown)
Marli, Suhardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2016

Abstract

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat korelasi antara penggunaan media peta terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak selatan?”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi korelasi. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas VA dan VB yaitu berjumlah 51 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan lembar soal tes formatif. Tindakan analisis data yang digunakan adalah rumus rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara penggunaan media peta terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 pontianak Selatan. Hal ini dapat dilihat pada perhitungan koofesien korelasi dari jumlah rxy < rtabel (0,024 < 0,27). Dengan demikian ha ditolak dan ho diterima. Secara khusus (1) Penggunaan media peta pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak Selatan termasuk kategori baik. (2) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Penegtahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Pontaianak Selatan termasuk kategori baik. (3) Korelasi penggunaan media peta terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Pontianak  Selatan sebesar 0,024 termasuk kategori sangat rendah. Maka, penggunaan media peta kurang efektif untuk digunakan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.   Kata kunci : Korelasi media peta, hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial Abstract: The problem in this research is “ is there any correlation between the usage of mapping media toward student’social science achievement  of the fifth grade of SD Negeri 05 Pontianak Selatan?”.  In this research , the method used is descriptive method with form the correlation studying research. The sample is all of the fifth grade students, 5th A and 5th B. The total number is 51 students. Technique of data collecting are indirectly communicative technique and measurement technique. Tools of collecting data are questionnaire and formative test. The act of data analysis used is median formula. The result of this research shows that there is no significant correlation between the usage of mapping media toward students’ social science achievement of the fifth grade of SD Negeri 05 Pontianak Selatan. It can be seen from the counting of correlation cooefficient of from rxy < rtabel (0,024 < 0,27).  From that, it can be said that ha is rejected and ho is accepted.  Specifically for (1) the usage of mapping media in learning social science of the fifth grade of SD Negeri 05 Pontianak Selatan can be classified into good category. (2) students’ social science achievement of the fifth grade of SD Negeri 05 Pontianak Selatan can be classify into good category. (3) The correlation of mapping media toward students’ social science achievement of the fifth grade of SD Negeri 05 Pontianak Selatan as big as 0.024 included into lower category.  Then, the usage of mapping media is not really efective to be used in learning social science. Keywords: mapping media correlation, students’ achievement, social science

Copyrights © 2016