Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 7, No 2 (2018): Februari (2018)

KELANCARAN PROSEDURAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMKN 2 PONTIANAK

Sari, Novita (Unknown)
Yusmin, Edy (Unknown)
Nursangaji, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelancaran prosedural siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat di kelas X SMKN 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan komunikasi langsung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelancaran prosedural siswa khususnya pada materi menyelesaikan persamaan kuadrat masih rendah, kebanyakan siswa belum mampu menyelesaikan soal secara fleksibelitas, efisiensi dan akurasi Kata Kunci: Kelancaran Prosedural, Fleksibelitas, Efisiensi, Akurasi Abstract: The purpose of this research is to explain procedural fluency of students in solving the problem of quadratic equations at SMK Negeri 2 Pontianak. The method research that used is descriptive method in case study research’s. The subject of the research are students grade of X Teknik Elekronika Industri SMKN 2 Pontianak. The technique of collection data used measurement and direct communication technique. The result of data analysis shows that the procedural fluency of students was still low, mostly students unable to solve the problem with flexibility, efficiency and accuracy. Keywords: Procedural Fluency, Flexibility, Efficiency, Accuracy

Copyrights © 2018