Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 12 (2015): Desember 2015

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD

Dewi, Veridiana Sartika (Unknown)
., Abdussamad (Unknown)
., Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V Sekolah Dasar Negeri 28 Temedak Merat Kabupaten Sekadau. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dalam hal ini berupa tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 28 Temedak Merat yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi langsung dan pencermatan dokumen serta alat pengumpul data berupa lembar observasi (IPKG I dan IPKG II), dan hasil nilai tes siswa. Hasil silkus I tentang perencanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 2,53 dan siklus II 3,05, terjadi peningkatan sebesar 0,52. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 2,47 dan siklus II 3,32, terjadi peningkatan sebesar 0,85. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 58,46 dan siklus II 83,46, terjadi peningkatan sebesar 25,00.   Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Tipe Jigsaw Abstract: This study aimed to describe the planning, implementation, and student learning outcomes in mathematics using cooperative learning model jigsaw in class V State Elementary School 28 Temedak Merat Sekadau District. The method used is descriptive method, in this case a class action that was done 2 cycles. Research subjects that teachers and students of State Elementary School class V 28 Temedak Merat totaling 13 people. Data collection techniques is the technique of direct observation and scrutiny documents and data collection tool in the form of observation sheets (IPKG IPKG I and II), and the results of student test scores. Results of the learning plan silkus I gained an average of 2.53 and the second cycle of 3.05, an increase of 0.52. Results of the implementation of the first cycle of learning gained an average of 2.47 and the second cycle of 3.32, an increase of 0.85. Student learning outcomes in cycle I gained an average of 58.46 and 83.46 second cycle, an increase of 25.00. Keywords: Results Learning, Mathematics, Type Jigsaw

Copyrights © 2015