Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 12 (2017): Desember

PENGARUH MINAT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI DASAR-DASAR AKUNTANSI KELAS X

Najiwa, Najiwa (Unknown)
Okianna, Okianna (Unknown)
Warneri, Warneri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Abstrak : Penelitian tentang pengaruh minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas x jurusan akuntansi pada bidang studi dasar-dasar akuntansi di smk mandiri pontianak dengan masalah umumnya adalah ?Besar Pengaruh Minat Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil  Belajar Siswa Pada Bidang Studi Dasara-Dasar Akuntansi Kelas X Jurusan Akuntansi Di SMK Mandiri Pontianak??. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan rumus regresi linier berganda yang diolah dengan program statistik SPSS versi 22.0, maka diperoleh hasil analisis data yang menyatakan terdapat pengaruh dan signifikan minat belajar siswa dan fasilitas belajar siswa secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan Koefisien Determinasi (R2) X1 terhadap Y sebesar 29,7%, X2 terhadap Y sebesar 21,9% serta X1 dan X2 terhadap Y sebesar 38,4%. Kata Kunci : Hasil Belajar Dasar-dasar Akuntansi, Minat Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar Siswa  Abstract : The research about the influence of interest and learning facilities on the learning outcomes of the students of accounting department x in the field of study of accounting basics at smk mandiri pontianak with the problem generally is "The Big Influence Of Interest And Learning Facilities To Student Results In The Field Of Basic Dasara-Akuntansi Studies Class X Accounting Department At SMK Mandiri Pontianak? ". The method used in this research is descriptive method with the form of research relationship study. Data collection techniques used indirect communication techniques and documentary study techniques. Meanwhile, to analyze the data of the researcher using multiple linear regression formula which is processed with SPSS version 22.0 statistic program, then obtained the result of data analysis which stated there is influence and significant interest of student learning and partially and simultaneously student learning to student learning result. This is shown by Coefficient of Determination (R2) X1 to Y of 29,7%, X2 to Y equal to 21,9% and X1 and X2 to Y equal to 38,4%. Keywords: Learning Outcomes Basics of Accounting, Student Learning Interest and Student Learning Facility. 

Copyrights © 2017