Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 12 (2016): Desember 2016

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

Suprihatin, Fuji (Unknown)
Asriati, Nuraini (Unknown)
Rosyid, Rum (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 91 orang siswa, dan yang  menjadi sampel penelitian adalah 44 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1. Teknik observasi langsung, 2. Teknik komunikasi langsung, 3. Teknik komunikasi tidak langsung, dan 4. Teknik studi dokumenter. Sedangkan alat untuk pengumpulan data yang digunakan adalah 1. Pedoman interview, 2. Kuesioner dan 3. dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh  yang positif dan signifikan tingkat Status Sosial Ekonomi dengan hasil belajar, dengan nilai koefisien korelasi 0,814 artinya memiliki pengaruh yang tinggi. 2. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan teman sebaya dengan  hasil belajar, dengan nilai koefisien korelasi 0,487 artinya  memiliki pengaruh yang cukup erat, 3. Terdapat hubungan  yang positif dan signifikan tingkat Status Sosial Ekonomi dan  teman sebaya  dengan hasil belajar Ekonomi siswa, dengan nilai koefisien korelasi simultan 0,871. Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Teman sebaya, Hasil Belajar   Abstract: This research uses descriptive method with quantitative approach, and the population in this study were all students numbering 91 students, and that the research samples are 44 students. Data collection techniques used are: 1. direct observation techniques, 2. direct communication techniques, 3. techniques of indirect communication, and 4. techniques of documentary studies. While the tool for collecting data used is 1. Guidelines for interviews, questionnaires and 3. 2. documentation. The results of the study as follows: 1. There is a positive and significant effect of Socio-Economic Status level learning outcomes, with correlation coefficient 0.814 means to have a high impact. 2. There is a positive and significant influence of peers with learning outcomes, with correlation coefficient 0.487 means to have an appreciable impact closely, 3. There is a positive relationship and the significant level of Socio-Economic Status and peers in Economics student learning outcomes, with a coefficient simultaneous correlation 0.871. Keyword: Socioeconomic status, Peers, Learning Outcomes

Copyrights © 2016