Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 5 (2017): Mei 2017

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA

Juliani, . (Unknown)
Asriati, Nuraini (Unknown)
Syahrudi, Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2017

Abstract

Abstrak: Judul dalam penelitian ini yaitu, Efektivitas pembelajaran Make a Match dalam pemahaman konsep pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 9 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan besarnya efektivitas pembelajaran Make a Match dalam pemahaman konsep pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 9 Pontianak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XC dan XF di SMA Negeri 9 Pontianak dengan jumlah siswa 79 orang. Hasil penelitian pada tahap perencanaan penerapan model pembelajaran Make a Match dirancang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, pada tahap pelaksanaan pembelajaran Make a Match ini mengarahkan siswa untuk aktif dan bekerja sama dalam memecahkan permasalahan disetiap kartu, selanjutnya berdasarkan hasil pengamatan kedua observer kelas eksperimen siswanya lebih aktif daripada kelas kontrol dan pada tahap mengukur keefektifan pembelajaran Make a Match dalam pemahaman konsep menggunakan rumus Effect Size yang dihitung berdasarkan rata – rata nilai post test kelas eksperimen sebesar 77, 78, kemudian kelas kontrol sebesar 72,56 dan standar deviasi kelas kontrol sebesar 12,02 maka efektivitas diperoleh sebesar 0,43.Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam memberikan pemahaman konsep pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 9 Pontianak.   Kata Kunci : Make a Match, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Ekonomi Abstract : The title of this research is The Effectiveness in Learning Make A Match to Understanding Concept Of Subjects Economy at Student Class X of SMA Negeri 9 Pontianak. The purpose of this research is to know the planning, implementing and how large the effectiveness in learning make match to understanding concept of subjects economy at student class X of SMA Negeri 9 Pontianak. The sample of this research is student of XC and XF classes at SMA Negeri 9 Pontianak with population 79 students. The result of this step planning implementation model in learning make a match is designed that appropriate in planning implementation learning.  The step of this implementation learning make match to encourage student be active and cooperate to solve a problem in every card, furthermore based on result of second observation student in experiment class is more active then control class and the step of measurement the effectiveness learning make a match to understanding concept by using effect size formula is counted based on average score post test in experiment class is 77,78, then control class is 72,56 and standard of deviation control class is  12,02 I the effectiveness got 0,43. Those result show us that learning make a match model is more effective then learning conventional model to give understanding concept in economy at SMA Negeri 9 Pontianak.   Keywords: Make a Match, Understanding Concept, Economy Learning

Copyrights © 2017