Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 9 (2016): September 2016

PENGARUH PERILAKU KONSUMSI DI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP RASIONALITAS EKONOMI SISWA SMK NEGERI 3 PONTIANAK

Sartika, Dewi (Unknown)
., Witarsa (Unknown)
Syahrudin, Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2016

Abstract

Abstrak :Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai pengaruh perilaku konsumsi di lingkungan keluarga terhadap rasionalitas ekonomi siswa SMK Negeri 3 Pontianak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh perilaku konsusmi di lingkungan keluarga terhadap rasionalitas ekonomi.Metode penelitian adalah metode asosiatif,pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian survey dan menggunakan analisis Regresi. Subjek penelitian adalahsiswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 3 Pontianak.Data-data diperoleh melalui penyebaran kuisioner dan lembar/kertas kerja dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan Perilaku Konsumsi di Lingkungan Keluarga berpengaruh positif terhadap Rasionalitas Ekonomi ditunjukkan dengan formulasi Y = 11,220 +0,747 X. Koefisien korelasi diuji signifikasi dengan uji t pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan sama diperoleh t hitung 8,917, sedangkan t tabel 1,979. Dari uji tersebut menyatakan menolak hipotesis nol (8,917>1,979). Kesimpulannya maka menerima Hipotesis alternatif dengan koefisien penentu sebesar 39,9% sedangkan sisanya sumbangan dari variabel lain.   Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Lingkungan Keluarga,Rasionalitas Ekonomi Abstract: This study raised concerns about Consumption Behaviors in Environmental Families Against Economic Rationality SMK Negeri 3 Pontianak. This study aims to determine how much influence the behavior konsusmi in the family environment on economic rationality. The research method is a method of associative, quantitative approach with survey forms and using regression analysis. The research subject is class XI student of SMK Negeri 3 Pontianak accounting. The data obtained through questionnaires and sheet / documentation paper work. The results showed Consumption Behavior in Family Environment positive effect on Economic Rationality is shown with formulations of Y = 11.220 + 0.747 X. The correlation coefficient significance was tested by t test on the confidence level and the same degree of freedom is obtained t 8.917, whereas t table 1,979. The test of states rejecting the null hypothesis (8.917> 1.979). In conclusion then accept the alternative hypothesis the determinant coefficient of 39.9% while the remaining contribution of other variables. Keywords: Consumption Behavior, Family Environment, Economic Rationality

Copyrights © 2016