Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah efektif penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Bontonompo pada materi pokok ikatan kimia dan tatanama senyawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus I sebanyak empat kali pertemuan dan siklus II sebanyak empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Bontonompo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Bontonompo kelas X.5 mengalami perubahan setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe TAI. Terbukti ketuntasan kelas naik dan nilai awal yaitu 56,70% sesuai dengan dokumentasi SMA Negeri 1 Bontonompo kelas X.5 meningkat menjadi 71,87% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Penelitian ini mencapai tuntas secara klasikal melebihi kriteria yaitu 85%.Kata kunci: Ikatan Kimia, Kooperatif, TAI.
Copyrights © 2016