Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 4, No 1 (2016): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X.5 SMA NEGERI 1 BONTONOMPO (STUDI PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA DAN TATANAMA SENYAWA)

Basri, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah efektif penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Bontonompo pada materi pokok ikatan kimia dan tatanama senyawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus I sebanyak empat kali pertemuan dan siklus II sebanyak empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Bontonompo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Bontonompo kelas X.5 mengalami perubahan setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe TAI. Terbukti ketuntasan kelas naik dan nilai awal yaitu 56,70% sesuai dengan dokumentasi SMA Negeri 1 Bontonompo kelas X.5 meningkat menjadi 71,87% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Penelitian ini mencapai tuntas secara klasikal melebihi kriteria yaitu 85%.Kata kunci: Ikatan Kimia, Kooperatif, TAI.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...