Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 1, No 1 (2013): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

OPTIMALISASI PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT (STAD) DI SMAN 15 GOWA.

Marlina, Sitti (Unknown)
Hamran, Hamran (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA Negeri 15 Gowa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement (STAD). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini, meneliti siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Gowa yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar ekonomi. Pada siklus I persentase aktivitas belajar sebesar 34.71%, meningkat menjadi 82,07% pada siklus II. Adapun prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan ketuntasan secara klasikal dari siklus I sebesar 19,3 % kemudian pada siklus II mencapai 87.9% atau 29 dari 33 siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...