Inferensi
Vol 1, No 1 (2018): Inferensi

Klasifikasi Kabupaten di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Daerah Tertinggal dengan metode Support Vector Machine (SVM) dan Entropy Based Fuzzy Support Vector Machine (EFSVM)

Jefry Pranata Maulana (Unknown)
Irhamah Irhamah (Department of Statistics, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2018

Abstract

Pemerintah menetapkan 4 Kabupaten dari 29 kabupat-en di Provinsi Jawa Timur masuk dalam kategori dae-rah tertinggal pada tahun 2015. Penelitian ini akan digunakan metode Entropy Based Fuzzy Support Vector Machine (EFSVM) dan Support Vector Machine (SVM) untuk mengklasifikasikan kabupaten di Provinsi Jawa Timur dengan dan tanpa seleksi variabel. Terdapatnya imbalance pada data deerah tertinggal dimana kabu-paten tertinggal jauh lebih sedikit dibandingkan kabu-paten tidak tertinggal memerlukan metode klasifikasi untuk data imbalance, Salah satunya adalah EFSVM. Hasil menunjukan EFSVM memiliki Kinerja yang lebih baik pada AUC dibandingkan dengan SVM.. Seleksi variabel mampu meningkatkan AUC pada EFSVM na-mun tidak meningkatkan AUC pada SVM.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

inferensi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Inferensi is to publish original articles concerning statistical theories and novel applications in diverse research fields related to statistics and data science. The objective of papers should be to contribute to the understanding of the statistical methodology and/or to develop and ...