Rekayasa Teknik Sipil
Vol 2, No 2/REKAT/17 (2017): Wisuda ke-89 Periode 2 Tahun 2017

PERENCANAAN ULANG JEMBATAN BUSUR RANGKA BAJA DENGAN VARIASI JARAK KABEL PENGGANTUNG DAN JARAK GELAGAR MELINTANG (STUDI KASUS JEMBATAN GANTUNG BATOQ MALEQ KABUPATEN MAHAKAM ULU)

HUDA, MIFTAKHUL (Unknown)
Firmansyah, Mochamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2017

Abstract

Jembatan Batoq Maleq merupakan jembatan yang berfungsi untuk menghubungkan desa batoq dan desa melaq yang dilewati sungai Longphai. Direncanakan dengan bentang panjang 64 m dan lebar 9 m, digunakan untuk meningkatkan pelayanan prasarana jalan dan jembatan pemerintah kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui desain perencanaan yang efektif dan  efisien  dari perhitungan variasi Jarak Gelagar Melintang dan Jarak Kabel Penggantung pada struktur rangka pemikul utama jembatan busur rangka baja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini akan mendskripsikan bagaimana perencanaan ulang jembatan menggunakan metode rangka baja dengan  bentuk  busur dengan variabel pada perbedaan jarak gkabel dan jarak gelagar melintang. Data dikumpulkan dengan menggunakan literatur atau kepustakaan dan simulasi komputasi. Literatur atau kepustakaan digunakan  untuk  memperoleh peraturan, rumus dan langkah-langkah yang digunakan untuk menghitung struktur. Simulasi komputasi digunakan untuk membuat model struktur (space frame) bangunan dan memperoleh gaya aksial, geser, dan momen yang terjadi. Dasar ?dasar perencanaan jembatan mengacu pada peraturan RSNI T-03-2005 dan pembebanan mengacu pada peraturan RSNI T-02-2005. Sedangkan perencanaan struktur pemikul utama menggunakan peraturan AISC-LRFD dan analisa konstruksi pemikul utama dan skunder dilakukan dengan menggunakan program CSi Brigde. Hasil dari penelitian menunjukkan efisiensi dari 3 variabel pada perencanaan jembatan busur rangka baja dalah pada variabel ke-2 dengan jarak kabel dan jarak gelagar 3 m dengan analisa perencanaan sebagai berikut: Gelagar melintang lendutan yang terjadi sebesar 0.93 dari lendutan ijin 1.13 dan Kabel penggantunng tegangan yang terjadi sebesar 183 kN dari P ijin 216 kN. Kata Kunci : Jembatan Busur, Perencanaan Ulang Struktur, Box Baja. Abstract Batoq Maleq Bridge is a bridge that connect Batoq village and Maleq village by spanning Longphai River. Planned with a span length of 64 m and width of 9 m,used to improve the service of road infrastructure and bridge in District of Mahakam Ulu , East Kalimantan. The research purpose to know the effective and efficient design planning of the calculation of variations of floor girder distance and cable hanging distance on the main bearer frame structure of the Steel frame arch bridge. The research uses descriptive method by using case study method. The research will describe how rearrangement the bridge uses steel frame method with the shape of the arch with the variable on the distance?s difference gcable and the floor girder distance. Data were collected using literature and computational simulations. Literature is used to derive rules, formulas and steps used to calculate the structure. Computational simulations are used to construct structural models (space frames) of buildings and obtain the axial, shear, and momentary forces. The basis of bridge planning refers to RSNI Regulation T-03-2005 and the loading refers to RSNI Regulation T- 02-2005. While the main draft structure design using AISC-LRFD rules and main and secondary beam construction analysis using CSi Brigde program. The result of the research shows that the efficiency of the 3 variables in the steel arch bridge frame design is on the 2nd variable with the distance of the cable and the girder distance 3 m with the planning analysis as follows: Floor girder Crossover deflections occurring of 0.93 of the permit deflection 1.13 and tension occuring in hanging cable of 183 kN cable from P permission 216 kN. The tension that occurs in the hanger cable of 183 kN from the P permit 216 kN. Key Word : Arch Bridge, Structural Re-Planning, Steel Box.

Copyrights © 2017