Jurnal S2 Pendidikan Sains
Vol 3, No 01 (2014): Jurnal Inkuiri

IMPLEMENTASI METODE TWO STAY TWO STRAY BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER SISWA

Santika, Santika ( Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia, 50229)
Hartono, Hartono ( Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia, 50229)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2014

Abstract

Sekarang ini, masih banyak siswa yang hanya menghafalkan rumus dalam pembelajaran fisika. Padahal dalam proses pembelajaran, selain menghafal siswa juga harus memahami materi. Kedisiplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran dirasa masih kurang. Masih ada siswa yang  terlambat memasuki ruang kelas ketika jam pelajaran dimulai.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa melalui penerapan metode Two Stay Two Stray berbasis eksperimen pada salah satu SMA negeri di kabupaten Batang, Jawa tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Berdasarkan uji gain, terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen sebesar 0,48 yang termasuk kategori sedang. Peningkatan karakter disiplin, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab siswa secara berturutan sebesar 0,27; 0,30; dan 0,21 yang termasuk kategori rendah kecuali pada rasa ingin tahu termasuk kategori sedang. Melalui uji t, pada kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa didapatkan thitung> ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Two Stay Two Stray berbasis eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa. Kata kunci: Two Stay Two Stray, berpikir kritis, karakter

Copyrights © 2014