Jurnal S2 Pendidikan Sains
Vol 2, No 01 (2013): Jurnal Inkuiri

MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN TEAM TEACHING DENGAN TEKNIK TERINTEGRASI DAN SEMI TERINTEGRASI PADA PEMBELAJARAN BAKTERIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN VERBAL

Silviani, Yusianti ( Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)
Sudarisman, Suciati ( Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)
Sugiyarto, Sugiyarto ( Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2013

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning (PBL) menggunakan team teaching dengan teknik terintegrasi dan semi terintegrasi, kemampuan berpikir kritis, kemampuan verbal serta interaksinya terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dilaksanakan pada Januari 2012 sampai Desember 2012. Populasinya adalah semua mahasiswa Tingkat II Semester III Akademi Analis Kesehatan Nasional Surakarta Tahun Akademik 2012/2013. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang terdiri dari 2 kelas yaitu: 2A1 dan 2A2. Kelas 2A1 diberi pembelajaran team teaching teknik semi terintegrasi, sedangkan 2A2 dengan team teaching teknik terintegrasi. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Teknik tes menggunakan soal pilihan ganda untuk kemampuan berpikir kritis, kemampuan verbal, kognitif, dan psikomotor. Teknik non tes menggunakan lembar observasi untuk afektif dan psikomotor proses, serta angket untuk afektif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji alternatif ANAVA yaitu Mann-Whitney dan Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model PBL menggunakan team teaching teknik terintegrasi dan semi terintegrasi terhadap semua prestasi belajar; 2) ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi kognitif dan psikomotor; 3) ada pengaruh kemampuan verbal terhadap semua prestasi belajar; 4) ada pengaruh interaksi teknik pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap semua prestasi belajar; 5) ada pengaruh interaksi teknik pembelajaran dengan kemampuan verbal terhadap semua prestasi belajar; 6) ada pengaruh interaksi kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan verbal terhadap semua prestasi belajar; 7) ada pengaruh interaksi teknik, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan verbal terhadap semua prestasi belajar. Kata Kunci: Problem Based Learning, team teaching, kemampuan berpikir kritis, kemampuan verbal.

Copyrights © 2013