Jurnal S2 Pendidikan Sains
Vol 2, No 03 (2013): Jurnal Inkuiri

PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN LABORATORIUM RIIL DAN LABORATORIUM VIRTUIL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN GAYABELAJAR SISWA

Setia Bakti, Ena Marsutji ( Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia)
Suparmi, Suparmi ( Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia)
Sunarno, Widha ( Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen melalui laboratorium riil danvirtuil, kemampuan berfikir kritis, gaya belajar, dan interaksinya terhadap prestasi belajar ranah kognitif danafektif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis semester 1 tahun pelajaran 2012-2013.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas VIII. Sampel pada penelitian sebanyak 4 kelas diambil secara cluster random sampling.Pengumpulan data dengan menggunakan metode tes untuk prestasi kognitif dan kemampuan berfikir kritis.Metode angket untuk mengukur gaya belajar. Metode observasi untuk mengukur kognitif proses, sedangkanprestasi afektif menggunakan observasi dan angket. Analisis data menggunakan program PASW dan hipotesisdengan menggunakan anova 2x2x2. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh pengunaan metode eksperimendengan lab riil dan lab virtuil terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (2) ada pengaruh kemampuan berfikirkritis terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (3) ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi kognitif danafektif siswa; (4) ada interaksi penggunaan metode eksperimen dengan lab riil dan lab virtuil dengan kemampuanberfikir kritis terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (5) tidak ada interaksi penggunaan metode eksperimenmelalui lab riil dan virtuil dengan gaya belajar terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (6) tidak ada interaksipenggunaan metode eksperimen melalui lab riil dan virtuil dengan kemampuan berfikir kritis dan gaya belajarterhadap prestasi kognitif dan afektif siswa; (7) tidak ada interaksi antara metode eksperimen melalui lab riil danvirtuil, kemampuan berfikir kritis, dan gaya belajar terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa.Kata Kunci: Metode Eksperimen, Laboratorium Riil, Laboratorium Virtuil, Kemampuan Berfikir Kritis, GayaBelajar.

Copyrights © 2013