Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru geografi SMA Negeri 4 Sidoarjo, dapat diketahui bahwa proses pembelajaran yang dilakukan terhadap siswa kelas XI IPS beberapa tahun sebelumnya selalu menggunakan metode yang sama setiap tahunnya sehingga membuat para siswa merasa bosan, dan dari hasil wawancara yang juga dilakukan pada siswa kelas XI diketahui bahwa siswa menginginkan proses pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran, menilai aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran, serta pengaruh media terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu menganalisis, mendesain, mengembangkan, melaksanakan, dan menilai. Subjek dalam penelitian adalah menggunakan siswa 2 kelas yang berbeda, yakni XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar validasi media dan perangkat pembelajaran, observasi guru dan aktifitas siswa, serta tes. Data penelitian yang dibutuhkan dianalisis dengan menggunakan teknik antara lain melalui perhitungan yang menggunakan Skala Likert pada data validasi dan observasi serta menggunakan program SPSS dalam menganalisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengembangan media monopoli dan perangkat pembelajarannya mendapat penilaian sebesar 81,82% dan 80,77% oleh dosen ahli media serta ahli pembelajaran sehingga masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa, dibuktikan jika pengaruh penggunaan media monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa lebih baik yakni sebesar 40,09% dibandingkan dengan metode yang lama pada kelas XI IPS 4 hanya mampu meningkatkan nilai sebesar 31,02%. Peningkatan nilai hasil belajar siswa masih bisa terus ditingkatkan jika aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajarannya dapat berjalan dan mendapatkan nilai maksimal, karena hasil nilai aktivitas guru dan siswa hanya berada pada rentang 61% - 80%. Kata kunci : Pengembangan media, Media monopoli, Aktifitas siswa, Hasil belajar.
Copyrights © 2017