PAUD Teratai
Vol 5, No 3 (2016): Volume 5 No. 3 Edisi Yudisium September 2016

PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING POLA GARIS LURUS TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

Fitri, Imilia (Unknown)
Hasibuan, Rachma (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh kegiatan menggunting pola garis lurus terhadap keterampilan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun. Populasi penelitian adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan  tabel penolong wilcoxon match pairs test dan hasilnya Thitung= 0, sedangkan Ttabel=89, yang berarti Thitung < Ttabel (0 < 89). Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan menggunting pola garis lurus terhadap keterampilan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun. Kata kunci : Kegiatan menggunting, Motorik Halus   Abstract This quantitative research aims to study the existence of the effect of the influence of cutting straight line pattern toward the soft motoric skill of the children in the age of 3-4 years. Population of the research was students of age of 3-4 years with the amount of 25 children. Data was collected by using observation and test techniques. Data obtained in this research then was analyzed using wilcoxon match pairs test and the result is Tcalculated=0 and Ttable=89. It means T calculated < T table (0<89). Based on the result of the research it can be concluded that the influence of cutting straight line pattern toward the soft motoric skill of the children in the age of 3-4 years. Keywords: Cutting Activity, Soft Motoric Skill

Copyrights © 2016