PAUD Teratai
Vol 5, No 3 (2016): Volume 5 No. 3 Edisi Yudisium September 2016

PENGARUH METODE BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B

Efa Milyanti, Adelina Efa (Unknown)
Hasibuan, Rachma (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode brain gym terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B. Populasi penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan tabel penolong wilcoxon match pairs test dan hasilnya Thitung= 0, sedangkan Ttabel=52, yang berarti Thitung < Ttabel (0 < 52). Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode brain gym terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Muslimat NU Mifathul Huda Tenggulun Solokuro Lamongan. Kata kunci : Metode brain gym, motorik kasar Abstract This quantitative research aims to assess the presence or absence of the effect of applying the methods of Brain Gym gross motor skills of children in group B. The study population was children in group B totaling 20 children . Data collection techniques in this study using observation and tests . The data have been obtained from the study were analyzed using a helper table match pairs Wilcoxon test and the results T hitung = 0 , while Ttabel = 52 , which means T hitung < Ttabel ( 0 < 52 ) . Based on these descriptions can be concluded that there is the effect of applying the methods of Brain Gym gross motor skills of children in group B at TK NU's Mifathul Huda Tenggulun Solokuro Lamongan . Keywords : Method of brain gym, rough motoric

Copyrights © 2016