PAUD Teratai
Vol 7, No 2 (2018)

PENGARUH METODE BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KARTIKA BAGOREJO SRONO BANYUWANGI

TEGARINFISA, ULIN (Unknown)
HASIBUAN, RACHMA (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2018

Abstract

Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain playdough terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A di TK Kartika Bagorejo Srono Banyuwangi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Kartika Bagorejo Srono Banyuwangi yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan menggunakan tabel penolong wilcoxson match pairs test dan hasilnya Thitung = 0, sedangkan Ttabel = 35, yang berarti Thitung <Ttabel (0<35). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain playdough terhadap kemampuan mengenalbentuk geometri pada anak kelompok A di TK Kartika Bagorejo Srono Banyuwangi. Kata kunci : Kemampuan mengenal bentuk geometri, Metode bermain playdough

Copyrights © 2018