PAUD Teratai
Vol 8, No 2 (2019)

PENGARUH MEDIA BONTASI (BONEKA TIGA DIMENSI) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM AL-MANAR WIYUNG SURABAYA

ROSYIDAH, NOVIATUR (Unknown)
HASIBUAN, RACHMA (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

Keterampilan berbicara anak yang perlu dikembangkan adalah menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengar, menceritakan kembali cerita yang telah didengar dan mengutarakan pendapat tentang pesan yang dapat diambil dari cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media bontasi (boneka tiga dimensi) terhadap keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Manar Wiyung Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental one group pre-test post-test design. Subjek yang digunakan berjumlah 13 anak. Data dianalisis dengan menggunakan tabel penolong Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil hasil pretest nilai rata-rata diperoleh sebesar 7 dan hasil posttest dengan nilai rata-rata diperoleh sebesar 10. Dibuktikan hasil analisis data menunjukkan bahwa T_hitung= 0 sedangkan T_tabel dengan jumlah anak 13 anak dengan taraf signifikan 5 % maka T_tabel = 17 dari angka tersebut maka diperoleh angka 17 dari tabel penolong uji T Wilcoxon, yang berarti T_hitung < T_tabel yakni 0 < 17. Maka H_o ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media bontasi (boneka tiga dimensi) terhadap keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Manar Wiyung Surabaya dalam menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, menceritakan kembali cerita dan mengutarakan pendapat sesuai dengan isi cerita. Kata kunci: media bontasi, keterampilan berbicara.

Copyrights © 2019