PAUD Teratai
Vol 8, No 2 (2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN EGRANG MODIFIKASI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GRIYA TARUNA JOMBANG

ULHI ARTHA, RAHMA (Unknown)
HASIBUAN, RACHMA (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar melaluipermainan egrang modifikasi pada anak kelompok A di TK Griya Taruna Jombang. Penelitian inimerupakan Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian tindakan kelasini adalah anak kelompok A di TK Griya Taruna Jombang yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulandata menggunakan observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan penelitian adalah jika nilai sudahmencapai minimal 80%, yakni anak sudah mampu berjalan kedepan dengan seimbang menggunakanegrang modifikasi.Kemampuan kemampuan motorik kasar melalui permainan egrang modifikasi mengalamipeningkatan pada setiap pertemuan yaitu, kemampuan motorik kasar anak dari siklus I pertemuan 1 dan 2yaitu dari 31,25% menjadi 50%. Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 meningkat dari 68,75% menjadi81,25%.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa permainan egrang modifikasi dapat meningkatkankemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK Griya Taruna Jombang. Jadi penelitian ini dinyatakanberhasil karena telah mencapai nilai > 80%, karena anak sudah mampu berjalan kedepan denganseimbang dalam jarak 2 meter menggunakan egrang modifikasi.Kata Kunci: motorik kasar, permainan, egrang modifikasi

Copyrights © 2019