Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2015): JPGSD Vol 3, No 2 (2015)

PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN SUMBERGIRANG 2 PURI MOJOKERTO

SUSANTI, ARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam membaca permulaan karena beberapa permasalahan yaitu siswa kurang bisa memadukan huruf meskipun sudah melek huruf, guru measih menggunakan metode dan strategi yang konvensional serta tidak menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran membca. Sehingga dalam penelitian ini ada tiga permasalahan adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan  menggunakan media kartu kata  meningkatkan kemampuan membaca permulaan, bagaimanakah hasil belajar siswa dalam membaca permulaan melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata, kendala-kendala apa sajakah yang ditemui dalam pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dan bagaimanakah cara mengatasinya Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah guru dan siswa kelas I SDN Sumbergirang 2 Puri Mojokerto yang berjumlah 19 siswa. Rancangan penelitian ini melawati tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus ada dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, lembar tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian siklus I, untuk keterlaksanaan pembelajaran mencapai 73,6%, hasil belajar siswa secara klasikal 73,6%, dan catatan lapangan adalah guru perlu mengatur waktu yang baik dan siswa belum terbiasa mengikuti pembelajaran dengan media kartu kata. Hasil penelitian pada siklus II adalah untuk keterlaksanaan pembelajaran 93,6%, hasil belajar siswa 89,4%, dan catatan lapangan yaitu guru sudah baik dalam mengatur waktu dalam pembelajaran dan siswa sudah bisa menerima pembelajaran dengan baik dan antusias. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan Kata Kunci: media, kartu kata, membaca permulaan   Abstract The background of this study is the low reading ability of students in the beginning because of some problems that students are less able to combine letters despite literacy, teacher using conventional methods and strategies and not using the right media in learning had been reading. So that in this study there are three problems is the implementation of learning how to use media cards increase the ability to read the beginning of the word, how student learning outcomes in reading starters through learning by using the word card media, what are the obstacles encountered in learning to read the beginning by using the media word cards and how to cope. This research shaped classroom action research (Classroom action research) using qualitative descriptive method. The subjects were teachers and students of class I SDN Sumbergirang 2 Puri Mojokerto totaling 19 students. The study design is run through three stages: planning, execution and observation, and reflection. This study was conducted in two cycles with each cycle there are two meetings. Data collection techniques using observation sheets, test sheets and field notes. The results of the first cycle studies is, feasibility study to 73.6%, the result of student learning in the classical 73.6%, and field notes are teachers need to set a good time, and students are not familiar with the media card following study said. Results of research on the second cycle is for learning feasibility study to 93.6%, the result of student learning in the classical 89.4%, and field notes that teachers are already well on set time in learning and students are able to receive a good learning and enthusiastically. From these results it can be concluded that by using the word card media can improve the implementation of learning to improve reading ability starters Keywords: media, word cards, read the beginning

Copyrights © 2015