Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 3 (2017): JPGSD Vol 5, No 3 (2017)

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA KELAS V SDN I CERME KIDUL GRESIK

NISA, KHOIRUN (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2017

Abstract

Abstrak                                                                   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi informasi siswa yang belajar dengan media pembelajaran big book, dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah jenis eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SDN I Cerme Kidul Gresik. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kemampuan literasi informasi siswa yang dikumpulkan dengan tes kemampuan literasi informasi berbentuk uraian. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji–t menggunakan uji independent–samples t test dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi informasi siswa kelas eksperimen berada pada kategori sedang (N-gain=0,560), sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori rendah (N-gain=0,296). Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dengan probabilitas 0,000 antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran big book dengan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Kata Kunci: big book, literasi informasi

Copyrights © 2017