Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 8 (2018)

EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DALAM SURAH AL-BAQARAH UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

AFIFAH, NUR (Unknown)
MARIANA, NENI (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini di latar belakangi oleh pandangan peneliti tentang sekularisme antara Matematika dan Islam. Hal ini dirasakan peneliti ketika menjadi siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) di mana seharusnya pelajaran umum dan Islam saling terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep Matematika dalam surat Al-Baqarah untuk diintegrasikan dalam pembelajaran Matematika di MI. Metode yang digunakan yaitu studi autoetnografi, studi literatur, dan wawancara. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat konsep Matematika meliputi bilangan, geometri, dan pengolahan data yang terkandung dalam surat Al-Baqarah. Hal ini membuktikan bahwa Islam dan Matematika saling terintegrasi. Sehingga mampu mengubah pandangan peneliti yang sebelumnya berasumsi bahwa Matematika dan Islam tidak memliki keterkaitan kini berubah dan memahami bahwa Matematika dan Islam memiliki keterkaitan yang erat. Kata Kunci: eksplorasi, konsep Matematika, Al-Baqarah

Copyrights © 2018