Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 3 (2019)

PENELITIAN MULTI PARADIGMA: MATEMATIKA PEDULI SAMPAH DENGAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS V SDN JAMBANGAN I/413 SURABAYA

KUSWULAN DARIYANTO, DESI (Unknown)
MARIANA, NENI (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini didasari oleh refleksi kritis peneliti terhadap sampah yang ditemukan di dalam kolong meja siswa sekolah dasar. Dari penelitian ini peneliti bertujuan untuk menggali konsep Matematika dalam permasalahan sampah dan kegiatan peduli sampah, yang kemudian mengintegrasikannya dengan pendekatan PMRI. Penelitian ini merupakan kombinasi dari penelitian transformative research dan design research. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, sedangkan design research ditambahkan dengan analisis retrospektif. Hasil penelitian transformative research menggunakan metode auto/ethnography adalah konsep Pengolahan Data sebagai konsep Matematika yang dominan. Sedangkan untuk design research menghasilkan teori pembelajaran lokal yang terdiri dari empat aktivitas pembelajaran dari konsep Pengolahan Data. Pengintegrasiaan masalah sampah dengan pembelajaran Matematika dapat mengubah pandangan siswa terhadap sampah dan meningkatkan perannya dalam mengelola sampah yang mereka hasilkan. Kata Kunci: Permasalahan Sampah, Pengelolaan Sampah, Matematika Lingkungan, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

Copyrights © 2019