Jurnal Pendidikan Khusus
Vol 10, No 2 (2018)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI BERMAIN MUSIK PATROL PADA ANAK AUTIS KELAS KLASIKAL DI SEKOLAH AUTIS HARAPAN BUNDA SURABAYA

PUSPITO RINI, DYAH (Unknown)
WAHYUDI, ARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2018

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI BERMAIN MUSIK PATROLPADA ANAK AUTIS KELAS KLASIKAL DI SEKOLAH AUTIS HARAPAN BUNDASURABAYADyah Puspito Rini dan Ari Wahyudi.Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri SurabayaRinidp04@gmail.comAbstrakSudah menjadi keharusan bagi anak autis untuk tetap konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Konsentrasi yang baik akan dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Upaya meningkatkan konsentrasi anak autis dalam penelitian ini melalui bermain alat musik.Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran bermain musik sederhana yaitu musik patrol, salah satu jenis alat musik perkusi yang mudah dimainkanPenelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, satu siklus terdiri dari lima kali pertemuan. Empat kali bermain musik patrol dan satu kali pertemuan belajar matematika.Penelitian ini bertujuan mengetahui meningkatnya konsentrasi belajar anak autis di sekolah Autis Harapan Bunda Surabaya.Hasil penelitian secara komulatif menunjukan bahwa aktivitas guru dan siswa siklus satu= 64%, siklus dua= 76%, dan siklus tiga= 84%sedang perolehan hasil belajar matematika secara komulatif, sebagai berikut pra siklus 45, siklus satu 49, siklus dua 52 dan siklus tiga 54Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain musik patrol dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar anak Autis di sekolah Autis Harapan Bunda Surabaya.Kata kunci : anak Autis, bermain musik patrol, belajar matematikaAbstract It is a must for autistic children to remain concentrated in following the learning. A good concentration will achieve maximum learning outcomes. Efforts to increase the concentration of autistic children in this study through playing a musical instrument.This study uses a simple music learning strategy that is music patrol, one type of percussion instrument that is easy to play. The study was conducted in three cycles, one cycle consisting of five meetings. Four times playing music patrol and one meeting of learning mathematics. This study aims to determine the increased concentration of autistic children learn at school Autism Harapan Bunda Surabaya.The results of the study show that the activity of cohort and student cycle one = 64%, cycle two = 76%, and cycle three = 84% while the acquisition of mathematical learning outcomes is cumulative, as follows pre cycle 45, cycle one 49, cycle two 52 and cycle three 54Thus it can be concluded that playing music patrol can improve the ability of autistic childrens learning concentration in Autis Harapan Bunda Surabaya school.Keywords: Autism child, playing music patrol, learning math

Copyrights © 2018