Jurnal Pendidikan Khusus
Vol 12, No 3 (2019)

PENGGUNAAN METODE FOUR STEP STEINBERG TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK AUTIS

IDAH PERTIWI, SHINTA (Unknown)
MASITOH, SITI (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

Abstrak. Membaca permulaan merupakan dasar keterampilan berbahasa yang harus dikuasai, termasuk anak autis. Anak autis memiliki gangguan dalam menyerap informasi, dengan karakteristik mudah bosan dan merupakan visual learner sehingga mengalami hambatan dalam membaca. Sehingga dilakukan treatment dengan penerapan metode Four Step Steinberg. Metode Four Step Steinberg adalah metode membaca melalui 4 tahap dengan bantuan media visual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode Four Step Steinbergterhadap kemampuan membaca permulaan pada anak autis.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian pre experimentdan desain penelitian one-group and pretest posttest. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes lisan, tes tulis, dan dokumentasi. Tes lisan dan tulis ini digunakan untuk memperoleh data kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test 48,21 dan rata-rata post tes 79,46. Untuk analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji wilcoxon match pair test , H nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima, Z hitung (Zh) = 2,37 lebih besar dari Z tabel (Zt) = 1,96 dengan ? = 5 %. Sehingga diartikan terdapat pengaruh metode Four Step Steinbergterhadap kemampuan membaca permulaan anak autis. Kata Kunci: autis, membaca permulaan, Four Step Steinberg

Copyrights © 2019