Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (JMTP)
Vol 9, No 2 (2018): Volume 9 Nomer 2 Tahun 2018

PENGEMBANGAN MEDIA MODUL MATERI ATOM, ION, DAN MOLEKUL MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET B DI PUSAT BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) AZ-ZAHRA SURABAYA

TRISKA, CHARIDA (Unknown)
MARIONO, ANDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA MODUL MATERI ATOM, ION, DAN MOLEKUL MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) AZ-ZAHRA SURABAYA Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk kelayakan modul cetak yang dikembangkan pada peserta didik paket B PKBM Az-Zahra Surabaya. (2) untuk mengetahui keefektifan hasil belajar modul cetak yang dikembangkan pada peserta didik paket B PKBM Az-Zahra Surabaya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D Borg and Gall dengan 10 tahapan. Uji coba dilakukan dengan melaksanakan beberapa tahap yaitu dengan melibatkan : review ahli materi, review ahli media, uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui kelayakan media modul dan tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dari angket dapat disimpulkan bahwa media modul dalam pembelajaran materi atom, ion, dan molekul termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil analisis data dari hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa pengembangan media modul cetak ini dapat meningkatkan hasil belajar, hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil uji T, t hitung memperoleh hasil yang lebih besar dari t table, yaitu 10,92 untuk t hitung dan 2,064 untuk t tabel dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengembangan media modul materi atom, ion, dan molekul dinyatakan efektif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam paket B PKBM Az-Zahra Surabaya. Kata Kunci: Pengembangan, R&D, Modul, Atom, Ion, dan Molekul, Hasil BelajarABSTRACT MEDIA DEVELOPMENT OF MODULE MATERIAL ATOM, ION, AND MOLECULES OF NATURAL SCIENCE STUDY ON EARNING PROGRAM PACKAGE B IN CENTER OF LEARNING ACTIVITIES (PKBM) AZ-ZAHRA SURABAYA The purpose of this research is (1) for the feasibility of print module developed in the student of package B PKBM Az-Zahra Surabaya. (2) to know the effectiveness of learning result of print module developed in the student of package B PKBM Az-Zahra Surabaya.This development research uses Borg and Gall R & D development model with 10 stages. Trials are conducted by performing several stages by involving: review of material experts, review of media experts, individual trials, small group trials, and large group trials. The method in this research is quantitative method. Data collection using questionnaires to determine the feasibility of media modules and tests to determine the learning outcomes of learners. Based on the results of data analysis from the questionnaire can be concluded that the module media in learning materials of atoms, ions, and molecules included in either category. While the results of data analysis of learning outcomes learners show that the development of print module media can improve learning outcomes, it can be proven by the results of T test, t arithmetic obtain results greater than t table, which is 10.92 for t arithmetic and 2.064 for t table thus it can be said that the development of atomic material, ion, and molecular material modules is declared effective on the subject of natural science package B PKBM Az-Zahra Surabaya. Keywords: Development, R & D, Module, Atom, Ion, and Molecule, Learning Outcomes

Copyrights © 2018