Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (JMTP)
Vol 9, No 2 (2018): Volume 9 Nomer 2 Tahun 2018

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI SPEAKING BAGI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ROUDLATUL MUTAALIMIN WONOASIH PROBOLINGGO

HUDA, ZAINUL (Unknown)
MARIONO, ANDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Dalam dunia pendidikan bahasa inggris merupakan sebuah bahasa internasioal yang saangat dibutuhkan di era jaman sekarang ini dan materi pelajaran bahasa inggris sudah disesuaikan dengan kuruikulum 2013 agar siswa lebih mudah dalam memahaminya Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Raudlatul Mutaalimin Wonoasih Probolinggo ditemukan permasalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas X tahun ajaran 2018/2019.Lebih dari separuh siswa yang masih rendah dalam memahami materi bahasa inggris sehingga memperoleh nilai kurang dari KKM 65-70.Untuk membantu memecahkan permasalahan dalam proses belajar mengajar dibutukan sebuah media untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami pelajaran bahasa inggris.Berdasarkan dari pemasalahan tersebut maka dari hasil penelitian ini adalah menghasilkan media audio visual yang layak dan efektif untuk siswa kelas%2 pada pelajaran bahasa inggri dengan materi speaking. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media Audio visual agar siswa lebih efektif dalam memahami mata pelajaran khususnya pada mata pelajaran bahasa inggris materi speaking untuk kelas X SMK Roudlatul Mutaalimin Wonoasih Probolinggo dan untuk mengukur kelayakan dan keefektifannya. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D menurut Borg and Gall dalam Sugiono. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan tes. Analisis data pada hasil belajar siswa kelas control dan kelas eksperimen. Hasil matei memperoleh hasil persentase 93,75% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil post-test dan post-test yang dilakukan pada kelas control dan kelas eksperimen menggunakan analisis data uji tes diperoleh adalah 4,121 dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh =2,110, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Pengembangan, Media Audio visual, Video, Hasil belajar, Modul Bahasa Inggris that is needed in today?s era and English lesson material has been adapted to curriculum 2013 so that student are easier in understanding it based on preliminary study in SMK Roudlatul Mutaalimin Wonoasih Probolinggo found the problem is low student learning outcomes classX academic year 2018/2019. More than half the students who are still low in understanding English material so as to get less value from the KKM 65-70. For help solve problems in the learning process require a medium to help student to more easly understand the English lesson. Based on these problem then from the result of this study is to produce a decent and effective audio visual media for student to more easily understand the English lesson. Based these problem then from the results of this study is to produce a decnt and effective audio visual media for student of class X English lesson eith speaking materials. This development aims to produce the product, test the feasibility and test the effectiveness of audio visual media so that student are more effective in understanding the subjects especially on the subjects of speaking English speaking material for class X SMK Roudlatul Mutaalimin Wonoasih Probolinggo and to measure the feasibility and effectiveness. This development uses the R&D development model according to Borg and Gall in Sugiyono. The type of data used quantitative. Data collection method used in the form of interviews, observation, and tests. Data analysis on student learning result of control class and experiment class. Result materi obtained result percentage 93,75% including category very good. While the result of post-test and post-test conducted I control class and experimental class using test data analysis t hitung count is 4,121 by using t-test distribution table with significant level 5% 0btained t tabel = 2,110 thus Ho rejected Ha be a accepted. Keywords: Devlopment, Audio visual, Video, Learning outcomes, English module

Copyrights © 2018