Jurnal Pendidikan Sains
Vol 3, No 4: Desember 2015

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Salingtemas dan Inkuiri Terbimbing untuk Membentuk Pemahaman Terintegrasi Peserta Didik SMP

Laila Khusnah (Pendidikan Biologi–Universitas Islam Jember)
Ibrohim Ibrohim (Pendidikan Biologi–Universitas Negeri Malang)
Abdul Ghofur (Pendidikan Biologi–Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2017

Abstract

Abstract: This research aims at (1) producing the science instructional materials for SMP based on salingtemas and guided inquiry to build the integrated understanding; (2) discovering the validity and reliability levels of the instructional materials, namely Syllabus, Lesson Plans (RPP), Assessment Instruments, and Students’ Worksheet (LKPD). This research used development research design 4D model suggested by Thiagarajan and limited only to the development level. The developed instructional materials are validated by the expert of instructional materials, the expert in the subject, the science teacher, then, the learning device tested on eight graders of SMPN 2 Jember to discover the readability of LKPD. The validation test result from all validators showed that the science instructional materials based on the salingtemas and guided inquiry have categorized as valid. The readability evaluative result showed that the LKPD can be used in learning process, and the totality the science instructional materials based on salingtemas and guided inquiry effectively used on learning process.Key Words: instructional materials, integrated understanding, salingtemas, guided inquiryAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA di SMP berbasis salingtemas dan inkuiri terbimbing untuk membentuk pemahaman terintegrasi dan mengetahui tingkat validitas dan kelayakan produk perangkat pembelajaran yang berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), instrumen penilaian, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model 4D dari Thiagarajan, yang dibatasi hanya sampai pada tahap develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli perangkat pembelajaran, ahli materi dan guru IPA, kemudian diujicobakan pada peserta didik kelas VIII SMPN 2 Jember untuk mengetahui aspek keterbacaan LKPD. Hasil validasi dari seluruh validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis salingtemas dan inkuiri terbimbing memiliki kategori layak/valid. Hasil penilaian keterbacaan menunjukkan bahwa LKPD dapat digunakan dalam pembelajaran dan perangkat pembelajaran IPA berbasis salingtemas dan inkuiri terbimbing efektif dapat digunakan dalam proses pembelajaran.Kata kunci: perangkat pembelajaran, pemahaman terintegrasi, salingtemas, inkuiri terbimbing

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...