JURNAL SWARNABHUMI
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Swarnabhumi

RELEVANSI BENTUK LAHAN DENGAN KOMPETENSI DASAR PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA DI KELURAHAN BALAI GADANG KOTA PADANG

Yuaffi Nazhifa (Unknown)
Syafri Anwar (Unknown)
Afdhal Afdhal (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran bentuk lahan di kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, dan relevansinya dengan pembelajaran Geografi SMA di Kota Padang, khususnya di kelurahan Balai Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bentuklahan asal proses denudasional dan bentuklahan asal proses fluvial yang terdapat di Kelurahan Balai Gadang, terdapat relevansinya dengan Kompetensi Dasar pembelajaran geografi SMA. Ini terdapat pada : (1) Kelas X semester 2, dengan Kompetensi Dasar yaitu menganalisis dinamika dan kecendrungan perubahan lithosfer dan pedosfer, contohnya Lereng kaki (Foot Slope), yang terdapat di RT 05/RW IX Air Dingin Kelurahan Balai Gadang. (2) Kelas X semester 1 dengan, Kompetensi Dasar yaitu menganalisis dinamika dan kecendrungan perubahan lithosfer dan pedosfer, relevansinya yaitu terdapat berbagai jenis budidaya tanaman hias, RT 01/RW IX Air Dingin Kelurahan Balai Gadang. (3) Kelas X semester 2, dengan Komptensi Dasar yaitu menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi, relevansinya yaitu DAS Air Dingin, RT 05/RW IX Kelurahan Balai Gadang (4) Kelas XI semester 1, dengan Kompetensi Dasar yaitu menjelaskan pemanfaatan sumberdaya alam secara arif, relevansinya terdapat di kelurahan balai gadang yaitu budidaya Jeruk, RT 01/RW IX Air Dingin.Kata Kunci : relevansi bentuk lahan, kompetensi dasar, pembelajaran geografi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

swarna

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Swarnabhumi is a scientific and education journal managed and published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI University of ...