Widya Komunika: Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 7 No 2 (2017): JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN WIDYA KOMUNIKA

STRATEGI NATION BRAND SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA INDONESIA

Devi Purnamasari (Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang)
Muhamad Noor Hidayat (Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang)
Heni Indrayani (Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

ariwisata menjadi salah satu sektor prioritas nasional, untuk itu pemerintah berupayamengoptimalkan promosi destinasi wisata dengan cara national branding melalui VideoWonderful Indonesia versi The Journey of The World. Video tersebut menceritakan tentangkebudayaan, keindahan alam, dan petualangan wisatawan di Indonesia dan telah memperolehberagam perhargaan dunia. Mempromosikan suatu negara tidak lepas dari identitas negara, makapenelitian ini ingin membahas Strategi Brand Nation sebagai Promosi Pariwisata Indonesiadengan menggunakan pendekatan semiotika dari Video Wonderful Indonesia versi The Journey ofThe World. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam paradigmakonstruktivis dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Objek Penelitian adalah videoWonderful Indonesia versi The Journey of The World. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam video Wonderful Indonesia versi The Journey of The World menampilkan aspek budaya(culture), alam (nature), dan jelajah (adventure). Perpaduan ketiganya digarap melalui visualisasivideo yang menampilkan pleasure tourism, leisure tourism, dan discovery tourism. Simbol-simbolyang ditampilkan dalam video seperti pengunaan batik dan kemaritiman menjadi tanda identitasnasional sekaligus strategi nation brand dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

wk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Widya Komunika membahas dan mengkaji tema-tema komunikasi dan pendidikan yang bersumber dari hasil penelitian maupun sumbang saran pemikiran atau pengkajian ilmiah dari semua akademisi, praktisi dan pemerhati masalah komunikasi dan dunia pendidikan. Fokus dan Bidang Kajian artikel-artikel ...