Penelitian tindakan sekolah dilakukan selama enam bulan dari bulan Januari sampai Juni tahun 2017 di SMP diKecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru matematikadalam menyusun RPP. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari 2siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari, Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Acting),Pengamatan (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Siklus I, pembinaan dalam supervisi akademik dilakukan secaraklasikal. Pada siklus II, pembinaan dalam supervisi akademik dilakukan secara individual. Data berupa kemampuanmenyusun RPP dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kondisiawal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal jumlah guru yang menyusun RPP dengan predikat amat baik 2 orang,pada siklus I 8 orang, dan pada siklus II 13 orang. Jumlah guru yang menyusun RPP sendiri pada kondisi awal 4orang, siklus I 15 orang, dan pada siklus II 16 orang. Hasil penelitian baik secara teoretik maupun secara empirikmenunjukkan bahwa, melalui pembinaan dalam supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan menyusun RPPbagi guru matematika SMP di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga pada semester genap tahun pelajaran2016/2017.
Copyrights © 2017