Jurnal Simetris
Vol 10, No 2 (2019): JURNAL SIMETRIS VOLUME 10 NO 2 TAHUN 2019

PEMODELAN SISTEM KOMUNIKASI CAHAYA TAMPAK BERBASIS DCO-OFDM DENGAN VITERBI DECODER PADA MATLAB

Angga Pratama Putra (Institut Teknologi Bandung)
Syifaul Fuada (Program Studi Sistem Telekomunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI))
Trio Adiono (Professor, Departemen Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

Penggunaan sistem komunikasi cahaya tampak sebagai metode komunikasi alternatif selain RF didorong oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penghematan energi karena sistem ini menggunakan satu devais yang sama untuk pencahayaan ruangan sekaligus komunikasi data yaitu LED. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan sistem komunikasi cahaya tampak berbasis multi-carrier modulation (yakni DCO-OFDM) dengan bantuan perangkat lunak MATLAB. Pada penelitian ini, sistem dimodelkan atas dua bagian yakni blok Digital Signal Processing (DSP) dan kanal optik. Blok DSP terdiri atas FFT, convolutional encoder, modulator-demodulator, interleaver-deinterleaver, dan synchronizer. Untuk error control coding (ECC) digunakan algoritma Viterbi decoder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frame DCO-OFDM telah berhasil didesain dan berdasarkan perhitungan matematis melalui pendekatan MATLAB, sistem VLC dapat bekerja dengan baik pada ruangan 5m x 5m x 3m, yakni BER = 0 untuk nilai minimum SNR = 10 dB, sementara nilai SNR tertinggi yang dapat dicapai adalah ~30 dB.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

simet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Simetris terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu untuk periode April dan periode November. Naskah yang diajukan adalah karya ilmiah orisinal penulis dalam bidang teknik elektro, teknik mesin atau ilmu komputer, yang belum pernah diterbitkan dan tidak sedang diajukan untuk diterbitan di ...