INTEGRALISTIK
Vol 31, No 1 (2020): Januari 2020

PERSEPSI WANITA TUNARUNGU DARI HWDI MENGENAI PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT DALAM VIDEO “MAKE IT BRONZE”

Talia, Mei (Unknown)
Muharman, Deddy (Unknown)
Catherina, Casey (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2020

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari para penyandang tunarungu mengalami kesulitan dalam berkomunikasi secara verbal/lisan dikarenakan keterbatasan yang mereka miliki, sehingga diciptakanlah Bahasa Isyarat untuk membantu mereka dalam berkomunikasi. Para penyandang tunarungu juga mengalami kesulitan untuk menerima sebuah informasi melalui video yang tidak menyediakan terjemahan bahasa isyarat maupun subtitle. Pada bulan Juni 2018, L’Oreal Indonesia melalui akun YouTube L’Oreal Indonesia meluncurkan sebuah video makeup tutorial dengan judul “Make It Bronze” yang merupakan video makeup tutorial pertama di Indonesia yang menggunakan terjemahan bahasa isyarat. Penelitian ini meneliti mengenai persepsi yang dimiliki wanita penyandang tunarungu dari Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia mengenai video “Make It Bronze” dan pesan yang mereka terima melalui video tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naratif dan paradigma post-positivistik. Penelitian ini menemukan bahwa wanita penyandang tunarungu Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia memiliki persepsi yang positif terhadap video “Make It Bronze” sedangkan untuk pesan yang diterima melalui video “Make It Bronze” berbeda pada setiap narasumber.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

integralistik

Publisher

Subject

Description

Integralistik is a peer reviewed journal that covers the fields of scientific knowledge or academic that civics education studies. The Integralistik is a academic journal that centered in citizenship studies i.e. civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political ...