Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP)
Vol 3, No 2 (2014)

PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER TERHADAP PELAYANAN PRIMA

Faidi . (Prgram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.)
Sugeng Rusmiwari (Prgram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.)
Willy Tri Hardianto (Prgram Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2015

Abstract

Abstrak: Birokrasi sebagai suatu sistem yang dijalankan oleh pegawai yang berpegang pada hirarki, lamban dan beriku-liku. Substansi birokrasi adalah pemimimpin dan bawahan berkaitan erat dengan tugas serta kewajibannya dalam menjalankan tugas dan fungsi organisasi. Implementasi birokrasi adalah adanya proses belajar mengajar, pelayanan dan yang dilayani di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Akan tetapi, pelaksanaan kepemimpinan visioner terhadap pelayanan prima tersebut belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan sumber data primer yang diperkuat data sekunder dengan alat pengambilan data angket, dokumen dan observasi, teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling, analisa data dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi serta skala likert. Hasil penelitian Pengaruh Kepemimpinan Visioner di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang berjalan dengan baik 40%, dan Pelayanan Prima berjalan dengan sangat baik 35%. Bahwa pengaruh kepemimpinan visioner yang baik berdampak pada pelayanan prima yang sangat baik. Kata Kunci : Kepemimpinan Visioner, Pelayanan Prima. Abstract: Bureaucracy as a system that is run by employees who hold on to hierarchy, and beriku slow turns. Substance Leaders and subordinate bureaucracy is closely related to the duties and responsibilities in carrying out the duties and functions of the organization. Implementation of the bureaucracy is the process of learning, service and served on the University of Malang Tunggadewi Tribhuwana. However, the implementation of the visionary leadership of the excellent service that has not been completely worked well. Methods of research conducted by quantitative descriptive type of research , the primary data source is amplified by means of secondary data pengmbilan questionnaire data , documents and observation , sampling techniques using purposive sampling , data analysis conducted with the data reduction , data presentation , and conclusion/verification and Likert scale. The results of the study at the University of Visionary Leadership Influence Tribhuwana Tunggadewi Malang goes well 40%, and Excellent Service a very good run with 35%. That influence good visionary leadership impact on excellent service excellent. Keywords: Visionary Leadership, Service Excellent

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fisip

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JISIP Journal of Social and Political Science is published three times a year (April, August and December). Article published in JISIP is an article based on the results of research (priority), and articles on scientific reviews of contemporary phenomena in the field of Social and Political Science, ...