Prosiding Universitas PGRI Palembang
KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERDASARKAN ILUSTRASI TOKOH IDOLA PADA SISWA KELAS IX IPA.2 SMA PGRI 2 PALEMBANG

Dessy Wardiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2016

Abstract

AbstrakPembelajaran sastra di lembaga pendidikan formal sejauh ini dapatdikatakan belum menggembirakan. Keprihatinan sudah disampaikan sejak lama oleh para pemerhati pemelajaran sastra. Wawancara dengan guru yang mengajar di kelas XI SMA PGRI 2 Palembang menunjukkan bahwa hasil belajar sastra siswa belum memuaskan. Untuk sekolah yang dijadikan tempat penelitian, rerata nilai yang didapat siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Untuk mengatasi masalah di atas, ditawarkan sebuah teknik pembelajaran. Teknik yang dimaksud adalah teknik terbimbing dengan ilustrasi tokoh idola yang mengarahkan bentuk pembelajaran sastra pada memudahkan siswa menentukan ide cerita yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Masalah yang dijadikan kajian dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI IPA.2 SMA PGRI 2 Palembang setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola? 2) Bagaimana perubahan sikap dan perilaku siswa kelas XI. IPA.2 SMA PGRI 2 Palembang terhadap pembelajaran menulis cerpen, setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola. Lokasi penelitian tindakan ini adalah SMA PGRI 2 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya melalui beberapa tahapan. Data siklus dikumpulkanmelalui lembar pengamatan dan lembar penilaian. Data yang didapat kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa. Setelah melampaui siklus I, maka pada siklus II proses belajar mengajar menunjukkan hasil yang memuaskan dibandingkan dengan siklus sebelumnya dan telah mencapai ketuntasan hasil belajar yang diinginkan. Dari hasil yang adamaka penelitian ini tidak perlu dilakukan kembali pada siklus berikutnya.Kata Kunci: Latihan terbimbing, ilustrasi tokoh idola

Copyrights © 0000