Biotropika
Vol 7, No 3 (2019)

Identifikasi Jenis Ikan Mudskipper di Pantai Surabaya dan Sidoarjo

Anisya Eka Juniar (Departement of Biology Faculty Mathematics and Natural Science State University of Surabaya)
Syefrina Rosyada (Departement of Biology Faculty Mathematics and Natural Science State University of Surabaya)
Ahnan Mahfudz Nur Sholihin (Departement of Biology Faculty Mathematics and Natural Science State University of Surabaya)
Dwi Anggorowati Rahayu (Departement of Biology Faculty Mathematics and Natural Science State University of Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Ikan Mudskipper termasuk dalam Famili Gobiidae yang beradaptasi terhadap dua habitat  berbeda. Keberadaan ikan ini sangat melimpah di alam, namun belum banyak masyarakat yang memperhatikan keberadaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi spesies ikan Mudskipper yang ditemukan di Pantai Kenjeran, Tambak Mangrove Wonorejo, dan Tambak Sedati sehingga menjadi tambahan informasi terutama tentang aspek taksonomi dan ekologi sebagai dasar pengelolaan dan pemanfaatannya. Metode yang digunakan adalah survei melalui penyisiran lokasi-lokasi pengambilan sampel ikan Mudskipper di tiga lokasi berbeda dan identifikasi menggunakan karakter morfologi yaitu morfometrik, meristrik dan ciri diagnostik penentu spesies. Hasil penelitian ini ditemukan empat spesies ikan Mudskipper dari ketiga lokasi penelitian yaitu Boleophthalmus boddarti, Periopthalmus novemradiatus, Periopthalmus mallacensis, dan Periophthalmodon septemradiatus dengan ciri diagnostik bagian frenum yang berbeda di antara spesies, pola warna, jumlah jari-jari sirip dorsal pertama dan kedua serta 23 karakter morfometrik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biotropika

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology

Description

Biotropika: Journal of Tropical Biology invites research articles, short communication, and reviews describing new findings/phenomena of biological sciences in tropical regions, specifically in the following subjects, but not limited to biotechnology, biodiversity, microbiology, botany, zoology, ...