BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship
Vol 2, No 1 (2019): Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship

Dampak Penerapan PSAK 108 Pada Strategi Meningkatkan Solvabilitas Perusahaan Asuransi Syariah (Study kasus di PT. Asuransi Takaful Umum)

R. Melda Maesarach (Muhammadiyah Jakarta University)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Perkembangan perusahaan asuransi syariah saat ini harus pula disertai dengan perkembangan penerapan perlakuan transaksi akuntansi sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini menjadi sangat vital, karena pada industri seperti asuransi syariah adalah proses membangun kepercayaan masyarakat yang mana dapat menjadi kunci sukses dalam pengembangan asurasni syariah ke depan. Sehingga asuransi syariah harus dapat menyajikan informasi yang cukup, dapat dipercaya dan relevan serta transparansi laporan keuangan yang sesuai dengan syariah menjadi syarat utama dalam membangun kepercayan tersebut. Dengan diberlakukannya penerapan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) no. 108 oleh Ikatan Akuntan Indoneisa yang mengatur tentang Transaksi Akuntansi Asuransi Syariah, entitas Asuransi Syariah harus memisahkan pencatatan Dana Peserta dan Dana Perusahaan. Sehingga dampaknya Perusahaan Asuransi harus menghitung tingkat Kesehatan Keuangan/solvabilitas  hanya dari dana peserta/dana tabarru’ sedangkan dana pengelola akan diukur kesehatannya dalam kemampuannya memberikan qardh jika dana tabarru’ mengalami defisit. Hal ini selaras dengan Peraturan Menteri Keuangan No.11/PMK.010/2011 tentang Kesehatan Keuangan Usaha Asuransi dan Usaha Reasuransi dengan Prinsip Syariah. Dalam peraturan tersebut, perusahaan asuransi umum syariah harus melakukan dan menjaga kesehatan keuangan  dalam hal tingkat dana tabarru' sesuai ketentuan minimum tingkat solvabilitas yang persyaratkan dari dana yang diperlukan untuk mengantisipasi risiko kerugian yang mungkin timbul sebagai akibat dari deviasi dalam pengelolaan kekayaan dan/kewajiban. Untuk memenuhi ketentuan tersebut industri Asuransi harus memiliki strategi dalam menjaga dan menaikan solvabilitas tabarru’ tersebut. Dengan terpenuhinya solvabilitas minimum tersebut perusahaan asuransi akan mendapat kepercayaan dari peserta bahwa dana tabarru’ mampu dalam memenuhi semua risiko kerugian peserta yang mungkin terjadi. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

baskara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

BASKARA: Journal of Business & Entrepreneurship adalah jurnal ilmiah peer-reviewed yang didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berkenaan dengan bisnis dan kewirausahaan serta pengembangannya. Jurnal ini juga menerbitkan pemikiran dan pengalaman praktisi Bisnis ...