Jurnal Teknologi Pertanian
Vol 21, No 1 (2020)

ANALISIS KONJOIN UNTUK MENGUKUR PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT KERTAS SENI DARI SABUT PINANG SIRIH (Areca catechu L.) DAN KERTAS KORAN

Ihwah, Azimmatul (Unknown)
Saputra, Haris Agus (Unknown)
Deoranto, Panji (Unknown)
Dewi, Ika Atsari (Unknown)
Rahmah, Nur Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2020

Abstract

ABSTRAKProduk kertas seni dari sabut pinang sirih dan kertas koran merupakan salah satu produk baru. Salah satu cara untuk mengenalkan produk baru ke konsumen adalah dengan menampilkan atribut produk yang disukai konsumen sehingga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat preferensi konsumen dan mengetahui kombinasi atribut produk kertas seni dari sabut pinang sirih dan kertas koran yang paling disukai konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, yaitu untuk mengetahui hubungan dari atribut yang diteliti. Pada penelitian ini menggunakan analisis konjoin dengan 7 atribut yaitu kekakuan, kuat tarik, ketebalan, gramatur, warna, kenampakan serat, dan tekstur permukaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa atribut yang dipentingkan konsumen secara berturut-turut adalah kenampakan serat (35,11%), gramatur (16,85%), tekstur permukaan (14,89%), kuat tarik (13,20%), warna (9,55%), kekakuan (6,18%), dan ketebalan (4,21%). Hasil yang sesuai dengan preferensi konsumen yaitu pada stimuli 6 dengan nilai kegunaan total sebesar 3,619. Kombinasi atribut yang disukai konsumen adalah kekakuan lentur (97,825 mN.m), kuat tarik kuat (15,621 kn/m2), ketebalan tipis (1,325 mm), gramatur rendah (365 g/m2), warna abu-abu tua, kenampakan serat terlihat jelas, dan tekstur permukaan halus.Kata Kunci: Kertas Seni; Konjoin; Pinang; Preferensi Konsumen ABSTRACTThe products of art paper from betel nut and newspapers are one of new products. One way to introduce new products to consumers is to display product attributes that consumers like so that they can influence product purchase decisions. The purpose of this research was to determine the level of consumer preference and find out combination of attributes of art paper products from betel nut and newspapers that are most preferred by consumers. This research is a correlational research, which is to determine relationship between the attributes researched. In this research using conjoint analysis with 7 attributes, namely stiffness, tensile strength, thickness, grammage, color, fiber appearance, and surface texture. Based on the research that has been done, it is known that the attributes that are important to consumers in a row are fiber appearance (35.11%), grammage (16.85%), surface texture (14.89%), tensile strength (13.20%), color (9.55%), stiffness (6.18%), and thickness (4.21%). The results are by following with consumer preferences, namely on stimuli 6 with  total usefulness of 3,619. The combination of attributes that consumers like is flexural stiffness (97.825 mN.m), strong tensile strength (15.621 kn / m2), thin thickness (1,325 mm), low grammage (365 g / m2), dark gray, visible fiber appearance clear, and smooth surface texture.Keywords: Art Paper; Betel Nut; Conjoint; Consumer Preferences

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JTP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Pertanian diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya untuk penyebarluasan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari dalam dan luar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Jurnal Teknologi Pertanian terbit tiga kali dalam setahun, ...