LOKABASA
Vol 10, No 2 (2019): Vol. 10, No. 2, Oktober 2019

Teknik Permainan Kartu Memo dalam Pembelajaran Aksara Sunda

Farid, Muhamad (Unknown)
Rahman, Rahman (Unknown)
Kuswari, Usep (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2019

Abstract

The background of this study is the lack of students’ ability to write Sundanese writing. This study has a purpose to describe students’ writing ability towards Sundanese writing based on the form, grammatical writing, also manners before using memo cards game students’ writing ability towards Sundanese writing based on the form, grammatical writing, also manners after using memo cards game the effectiveness of memo cards game to help increasing the students’ writing ability in Sundanese writing based on the form, grammatical writing, and also manners. Using the quasi-experimental research and one-group pretest and posttest design. This study collected the data using tests to the Junior High School students grade VII-A in SMPN 2 Lembang, academic year 2018/2019 which is 37 students. The results show that: 1) students’ writing ability towards Sundanese writing before using memo cards game is about 60,13 from the 70 of passing grade; 2) students’ writing ability towards Sundanese writing after using memo cards game increase to 74,66; and 3) there is a significant difference between the students’ writing before using memo cards game and after using memo cards game. We can see from the hypothesis experiment that the value of Asimp. Sig (2-Tailed) is 0,000. We can conclude that the memo card game technique can mrove the writing skills of Sundanese grade VII-A junior high school student in academic year 2018/2019.AbstrakLatar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan dalam menulis aksara Sunda siswa kelas VII-A SMPN 2 Lembang taun ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis aksara Sunda siswa kelas VII-A SMPN 2 Lembang sebelum dan sesudah menggunakan teknik permainan kartu memo berdasarkan bentuk, tatacara penulisan, serta kaidah-kaidahnya, dan perbedaan yang signifikan kemampuan menulis aksara Sunda sebelum dan sesudah menggunakan teknik permainan kartu memo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest and posttest. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes kepada siswa kelas VII-A SMPN 2 Lembang tahun ajar 2018/2019 yang berjumlah 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa, (1) kemampuan siswa menulis aksara Sunda sebelum menggunakan teknik permainan kartu memo adalah sebesar 60,13, (2) kemampuan siswa menulis aksara Sunda setelah menggunakan teknik permainan kartu memo adalah sebesar 74,66 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa terhadap aksara Sunda sebelum dan sesudah menggunakan teknik permainan  kartu memo. Hal tersebut dapat kita lihat dari uji hipotesis bahwa nilai Asimp. Sig (2-Tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Teknik Permainan Kartu Memo dapat meningkatkan kemampuan menulis aksara Sunda siswa SMPN 2 Lembang tahun ajaran 2018/2019.Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan dalam menulis aksara Sunda siswa kelas VII-A SMPN 2 Lembang taun ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis aksara Sunda siswa kelas VII-A SMPN 2 Lembang sebelum dan sesudah menggunakan teknik permainan kartu memo berdasarkan bentuk, tatacara penulisan, serta kaidah-kaidahnya, dan perbedaan yang signifikan kemampuan menulis aksara Sunda sebelum dan sesudah menggunakan teknik permainan kartu memo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest and posttest. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes kepada siswa kelas VII-A SMPN 2 Lembang tahun ajar 2018/2019 yang berjumlah 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa, (1) kemampuan siswa menulis aksara Sunda sebelum menggunakan teknik permainan kartu memo adalah sebesar 60,13, (2) kemampuan siswa menulis aksara Sunda setelah menggunakan teknik permainan kartu memo adalah sebesar 74,66 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa terhadap aksara Sunda sebelum dan sesudah menggunakan teknik permainan  kartu memo. Hal tersebut dapat kita lihat dari uji hipotesis bahwa nilai Asimp. Sig (2-Tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Teknik Permainan Kartu Memo dapat meningkatkan kemampuan menulis aksara Sunda siswa SMPN 2 Lembang tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019