Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Vol 4, No 4 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN

KAJIAN TINGKAT PRODUKTIVITAS DAN PROSES PENANGKAPAN IKAN DENGAN ALAT TANGKAP BUBU DASAR DI DESA TANOMEHA KECAMATAN KALEDUPA SELATAN KABUPATEN WAKATOBI

Hastuti, - (Unknown)
Yusuf, Sarini (Unknown)
Arami, Hasnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2017,bertempat di Perairan Tanomeha Kecamatan Kaledupa Selatan. Tujuan penelitianiniadalah mengetahui proses penangkapan ikan dengan alat tangkap bubu danmengetahui tingkat produktivitas alat tangkap bubu di lokasipenelitian.Populasi nelayan bubu yang digunakan dalam penelitian sebanyak 15 orang dengan semuanya dijadikan sampel. Data yang dikumpulkan dalan penelitian ini adalah umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, pengalaman usaha bubu, jumlah produksi, harga, dan harga penjualan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalahTR = P.Q di mana TR = Total Revenue/Total Penerimaan, P = Price/Harga, Q = Quantity/Jumlah. Nilai produktivitas dihitung berdasarkan rumus  Produksi, P = TR/TC di mana P = Produktivitas, TR = Total Revenue/Total Penerimaan, TC = Totak Cost/Total Biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penangkapan ikan dengan alat tangkap bubu dasar diperoleh rata-rata biaya penangkapan Rp1.225.134/bulan, dengan penerimaan nelayan rata-rata Rp3.008.000/bulan. Data ini menunjukkan bahwa produksivitas alat tangkap bubu dasar sebesar implikasi data tersebut atau produktivitas ini  layak untuk di kembangkan.           Kata Kunci:  Bubu Dasar, Penerimaan, Produktivitas

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga ...