Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling
Vol 4, No 3 (2019): September 2019

Hubungan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan pemmahaman siswa tentang perubahan fisik

Sarifuddin Sarifuddin (Universitas syiah kuala)
Syaiful Bahri (Unknown)
M. Husen, (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

ABSTRACTTo deal with changes in adolescence, especially those related to issues of understanding about physical change, adolescents need to have a positive attitude towards relationships and norms that apply in society so that adolescents can avoid negative impacts environment and being a healthy teenager, and accepting her maturity responsibly.services  Group guidanceare one of the intervention techniques that can be done to provide understanding of information to group members.This study aims to look at the relationship between the implementation of group guidance services and students' understanding of physical change. This study uses quantitative research, statistical techniques used in correlation analysis in this study using correlation Pearson Product Moment. The population in this study were 177 eighth grade students of SMP Negeri 2 Banda Aceh. Sampling is done by random sampling through distributing questionnaires in the form of a Likert scale. In accordance with the sample size determined by Arikunto the researcher took a sample of 25% of the population, namely 80 people. The results showed that the picture of students' understanding of physical changes in the banda Aceh 2 Public Middle School was dominantly in the moderate category, namely the average number of all indicators with a percentage of 77.02% included in the medium criteria, which indicated that a counseling service was needed well and correctly, as well as the implementation of group counseling services at Banda Aceh 2 Public Middle School, it has also been good and appropriate as the implementation stage of group guidance services in general. Furthermore, there is a significant relationship between the implementation of group guidance services with self-understanding of physical change, analysis of Pearson Product Moment correlation shows the correlation coefficient of 0.815. Because the significance is 0.05. r table is 0.361, r count is greater than r table (0.815 0.361).The conclusion of this study is that there is a positive and significant relationship between the implementation of group guidance services and students' understanding of physical change.It is recommended for schools and counselors to be able to use group guidance services more intensely and many as alternative solutions in intervening with children who have self-understanding problems specifically related to understanding physical change.Keywords: Group Guidance, Student Understanding, Physical Change  ABSTRAKUntuk menghadapi perubahan pada masa remaja khususnya yang berkaitan dengan masalah pemahaman tentang perubahan fisik, remaja perlu memiliki sikap yang positif terhadap pergaulan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat agar remaja dapat terhindar dari dampak negatif lingkungan dan menjadi remaja yang sehat, serta menerima kedewasaannya secara bertanggung jawab. Layanan  bimbingan kelompok merupakan salah satu teknik intervensi yang bisa dilakukan untuk memberikan pemahaman informasi kepada anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan pemahaman siswa tentang perubahan fisik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, teknik statistik yang digunakan dalam analisa korelasi pada penelitian ini menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah 177 siswa/i kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling melalui meyebarkan angket dalam bentuk skala likert. Sesuai dengan ukuran sampel yang ditentukan Arikunto, peneliti mengambil sampel sebesar 25% dari populasi yaitu 80 siswa/i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pemahaman siswa tentang perubahan fisik di SMP Negeri 2 banda Aceh dominan berada pada kategori sedang yaitu jumlah rata-rata pada semua indikator dengan presentase 77,02 % yang masuk dalam kriteria sedang yang menunjukkan bahwa perlu dilaksanakan sebuah layanan bimbingan konseling secara baik dan benar, begitu juga dengan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Selanjutnya terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan pemahaman diri tentang perubahan fisik, analisa korelasi Pearson Product Moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,815. Karena signifikansi 0,05. r tabel sebesar 0,361, r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,815 0,361). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan pemahaman siswa tentang perubahan fisik. Disarankan bagi sekolah dan konselor agar dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok lebih intens dan banyak sebagai solusi alternatif dalam melakukan intervensi kepada anak yang memiliki masalah-masalah pemahaman diri khususnya terkait pemahaman perubahan fisik.Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Pemahaman Siswa, Perubahan Fisik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan karya-karya mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling terutama hasil dari penelitian yang mereka lakukan. Jurnal berfokus pada semua aspek psikologis yang mempengaruhi pelajar dan semua teknik bantuan psikologis yang dapat diberikan untuk menolong mereka ...