Monex: Journal of Accounting Research
Vol 9, No 1 (2020)

APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID UNTUK MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM (Studi Kasus pada Usaha Konveksi “Very Convection”)

Hetika Hetika (Politeknik Harapan Bersama)
Yusri Anis Faidah (Politeknik Harapan Bersama)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Abstrak Perkembangan era revolusi industri 4.0 berdampak pada berbagai hal, salah satunya adalah pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM adalah salah satu sektor usaha di Indonesia yang dikenal tangguh karena terbukti dapat bertahan meskipun dalam kondisi krisis ekonomi. Meskipun demikian, para pelaku usaha tetap harus mengantisipasi perubahan yang sangat cepat terjadi pada era revolusi industry 4.0. Selama ini, salah satu masalah UMKM adalah kesulitan dalam menyusun laporan keuangan. Aplikasi akuntansi adalah salah satu wujud perkembangan teknologi di bidang akuntansi. Saat ini terdapat beberapa aplikasi akuntansi berbasis android yang bertujuan untuk memudahkan pelaku usaha dalam menyusun laporan keuangan, salah satunya adalah aplikasi akuntansi “UKM-ID”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memberikan ulasan yang diperoleh. Pendekatan penelitian deskriptif dalam penelitian ini hanya sebatas membuat deskripsi tentang fenomena di lapangan sedangkan pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk membuat deskripsi tentang penggunaan aplikasi akuntansi berbasis android untuk menyusun laporan keuangan pada usaha “Very Convection”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi akuntansi berbasis android “Akuntansi UKM” dapat diterapkan dan membantu usaha “Very Convection” dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang ditetapkan.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

monex

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Monex: Journal of Accoutning Research or Monex (previously known as Monex: Journal Research Accounting Politeknik Tegal) is a peer-reviewed and open-access journal published by Politeknik Harapan Bersama in collaboration with Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) and ...