UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2020)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Seran, Kanisiana Abuk (Unknown)
Sujadi, A.A. (Unknown)
Taufiq, Irham (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan disain Post-test Control. Subjek penelitian adalah kelas VIII, VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIC sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu soal objektif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika. Rata-rata nilai kelas eksperimen 70 dan kelas kontrol 66. Hasil analisis dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan 5,18>0,05 dan diperoleh thitung<ttabel(0,653<2,020) sehingga H0 diterima. Artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2020